find us on : 
bank riau
Sekaligus Pelatihan E-Puskesmas di 15 Puskesmas Siak

Perdana di Riau, Bupati Siak Lanching E-Puskesmas


Selasa, 25 Juli 2017 | 18:50:50
hms pemkab siak for oketimes.com
Bupati Siak Drs Syamsuar didamping Kepala Dinas Kesehatan Toni Candra, General Manager PT. Telkom Munawir melakukan penekanan tombol sirine secara simbolis sebagai tanda di bukanya Launching E-puskesmas Siak, di Hotel Grand Mempura, Siak, Selasa (25/7/17).
Siak, Oketimes.com - Era perkembangan Teknologi Informasi dan Digital hampir semua sektor hadir di kehidupan masyarakat saat ini. Seiring dengan itu, peningkatan layanan publik di sektor kesehatan perlu inovasi teknologi dilakukan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh publik. Demikian disampaikan Bupati Siak Drs Syamsuar saat Launching E-Puskesmas di Hotel Grand Mempura, Siak, Selasa (25/7/17) pagi.

Kata Syamsuar dengan hadirnya sistem e-Puskesmas akan memudahkan Dinas Kesehatan dalam merekap laporan di bidang kesehatan, serta tujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat melakukan pendaftaran, melihat antrian pasien, serta tentunya juga langsung bisa berkonsultasi kesehatan secara gratis dengan dokter e-puskesma.

"Kehadiran sistem informasi ini merupakan sebuah bentuk terobosan untuk percepatan teknologi informasi kesehatan Kabupaten Siak, semoga pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini memberikan support dan dukungan untuk kemajuan dan manfaat yang dirasakan langsung masyarakat luas, sehingga ditiap puskesmas akan meningkat kualitasnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Syamsuar.

Dia juga berharap, melalui dinas kesehatan serta puskesmas, bisa memaksimalkan penggunaan dari sistem e-Puskesmas dan mendorong dengan kegiatan yang nanti akan menghasilkan Sumber data akurat dan akuntable di setiap bidangnya.

Senada dikatakan Toni Candra, Puskesmas merupakan garda didepandakan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Demi mempermudah terhadap perencanaan program kesehatan, maka e-Puskesmas sangat dibutuhkan. Direncanakan seluruh puskesmas akan diberlakukan dengan tujuan mempermudah memantau oleh dinas kesehatan baik dalam  data maupun yang lainnya..

"E-Puskesmas merupakan solusi yang berbasis internet, dengan tujuan mewujudkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dimana publik mendaftar secara langsung menggunakan androit,' terang Toni Chandra.

Selain itu sambungnya, e-Puskesmas adalah aplikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pencatatan data secara digital pada Puskesmas. e-Puskesmas merupakan sistem terintegrasi yang mengimplementasikan aplikasi berbasis desktop dengan aplikasi berbasis online (website).

Dimana Aplikasi berbasis desktop (e-Puskesmas Client Desktop) digunakan oleh Puskesmas untuk melakukan pencatatan data pelayanan sehari-hari mulai dari data pasien, rekam medik, obat dan masih banyak lagi dengan dukungan berbagai fitur menarik. Pada aplikasi online e-Puskesmas mempunyai aplikasi  e-Puskesmas Client Website dan Reporting System.

Pada kesempatan itu, Bupati Siak Drs Syamsuar didamping Kepala Dinas Kesehatan Toni Candra, General Manager PT. Telkom Munawir melakukan penekanan tombol sirinei secara simbolis sebagai tanda di bukanya Launching E-puskesmas Siak. (hms/rub)

BERITA TERKAIT:
Lewat Semangat Riau Bersatu, HM Harris Sampaikan Visi Misi di Hanura
Bupati Wardan: Untuk Memperoleh Penghargaan ini, Seleksinya Tidak Mudah
Dirgahayu RI Ke-72, Bupati Wardan: Diperlukan Kebersamaan dan Kerjasama untuk Pembangunan
Bupati Rokan Hilir Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Sinaboi
Wakil Bupati Siak Resmikan Kantor PT Persi Perwakilan Perawang
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.