find us on : 
bank riau
  • Home
  • Kesehatan
  • Dua Wanita di Pekanbaru Terdeteksi Kanker Serviks dan Vaginitis

Dua Wanita di Pekanbaru Terdeteksi Kanker Serviks dan Vaginitis


Kamis, 6 April 2017 | 18:35:11
ist
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani Nazir Apt MM dalam jumpa pers di Kantor Diskes Riau di Pekanbaru, Rabu (5/4/2017).
Pekanbaru, Oketimes.com - Kanker rahim pada wanita atau yang dikenal dengan kanker serviks, vaginitis dan tumor payudara cukup menghantui kaum wanita akhir-akhir ini.

Hasil penelitian Dinas Kesehatan Provinsi Riau pada acara Sosialisasi IVA Test dan Sadanis di Pekanbaru saat kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo 28-31 Maret 2017 lalu di Pasar 50 dan Kampus UIR Pekanbaru, dari 105 wanita yang mendaftar maka setelah didiagnosa awal dengan metoda IVA Test maka ada IVA positif dua orang wanita dan vaginitis 2 orang juga. Payudara klinis ada satu benjolan dan dicurigasi tiga orang.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani Nazir Apt MM dalam jumpa pers di Kantor Diskes Riau di Pekanbaru, Rabu (5/4/2017). Kadiskes Riau ini didampingi Kabid SDK drg Zulfa Devisra MKes, Kabid Pelayanan Kesehatan dr Yohanes MSi, Sekretaris Diskes Riau dr Ruswaldy Munir SpKO, Kepala UPT Logistik dan Farmasi Dra Rosna Adjie Apt.

Kadiskes Riau menganjurkan kepada wanita usia subur yang hasil diagnosa awal bahwa dianya ada IVA positif (kanker rahim) agar selanjutnya memeriksakan dirinya ke Puskesmas dan masuklah BPJS.

Untuk program 2017 ini, secara Nasional dan Diskes Riau melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), pertama yakni melakukan aktivitas fisik. Kedua, mengkonsumsi sayur mayur. Ketiga, tidak merokok. Keempat, tidak mengkonsumsi alkohol. Kelima, memeriksakan kesehatan rutin. Keenam, membersihkan lingkungan, dan ketujuh tidak buang air besar sembarangan.***/afz.


BERITA TERKAIT:
Polisi Ringkus Dua Pengedar 57 Butir Pil Ekstasi
Polda Riau Tetapkan Dua Tersangka Penganiaya Politisi PKB Riau
Rampok Bersenpi Gasak 2 Motor, Uang dan Harta Benda Milik IRT
Bocah Dua Tahun Ditemukan Tewas di Parit Pembuangan Limbah
Tim Kampar dan Pekanbaru Masuk Final Piala Gubri 2017
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.