find us on : 
bank riau
  • Home
  • Kesehatan
  • Musim Pancaroba, Puskesmas Panipahan Cek Darah dan bagikan Kelambu

Musim Pancaroba, Puskesmas Panipahan Cek Darah dan bagikan Kelambu

Laporan : Surya/Hendri

Jumat, 17 Februari 2017 | 03:10:54
ist
Puskesmas Panipahan saat meluncur ke Jalan Taqwa Kepenghuluan Panipahan Darat, Tim kesehatan yang dipimpin langsung Kepala Puskesmas Panipahan, dr Hj Netti Juliana, Kamis (16/02/17).
Bagansiapiapi, oketimes.com - Dampak pengaruh dari musim hujan ke musim panas atau yang dikenal dengan sebutan "musim pancaroba" secara bertahap mulai dirasakan dan dikeluhkan sebagian warga yang berada di daerah pesisir seperti di Kecamatan Pasirlimau Kapas (Palika). Misalnya banyak nyamuk yang muncul terutama menjelang malam hari.

Menindaklanjuti keluhan dari masyarakat ini, tim kesehatan dari Puskesmas Panipahan meluncur ke Jalan Taqwa Kepenghuluan Panipahan Darat. Tim kesehatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Panipahan, dr Hj Netti Juliana ini melibatkan pemegang program pemberantasan penyakit menular yakni Juliandi dan Darwis, dan mengikutsertakan pemegang program PHBS, Lenny Marlina serta Analis Puskesmas, Riza.

"Kehadiran kita untuk melakukan sosialisasi berkaitan dengan musim pancaroba serta menindaklanjuti keluhan dari masyarakat," kata Netti, Kamis (16/02/17).

Wargapun yang umumnya didominasi kaum ibu dan anak-anak, siang itu mendatangi lokasi yang menjadi tempat sosialisasi tentang musim pancaroba tersebut. Di atas meja panjang yang terdapat di teras yang menjadi pusat kegiatan sosialisasi ini terdapat kelambu dan obat pembasmi jentik-jentik serta lainnya.

"Atas keluhan itulah, kami membagikan kelambu untuk ibu hamil serta memberikan obat untuk membasmi jentik-jentik," kata Netti.

Langkah lain yang telah diambil ini sebagai salah satu bentuk mencegah munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) maupun malaria ini yakni melakukan pemeriksaan darah.

Di penghujung sosialisasi tentang dampak musim pancaroba ini, dokter teladan 2014 lalu itu mengajak masyarakat untuk dapat meningkatkan kebersihan di tempat tinggalnya masing-masing. Gotong royong untuk menciptakan kebersihan harus tetap terus digalakan.

"Seiring masuknya musim pancaroba ini, kita dari tim kesehatan dari Puskesmas Panipahan telah mengambil inisiatif untuk blusukan," jelasnya.

Usai di Jalan Taqwa, Kepenghuluan Penipahan Darat, agenda serupa bakal dilaksanakan di tempat lain. Khususnya daerah yang memiliki potensi sangat rawan terhadap wabah DBD maupun Malaria.***


BERITA TERKAIT:
Cekoki Balita Dengan Miras, Pria Ini Dikutuk Netizen
Penjual Martabak di Dumai Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
Tatapan Tajam di Pasar Malam Berujung Pertumpahan Darah
HUT Bhayangkara ke 71, Polres Inhil Gelar Donor Darah
Kapolda Riau Cek Pos Pam Kabupaten Siak dan Bengkalis
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.