find us on : 
bank riau
  • Home
  • Iptek
  • Atasi Virus Ransomware Petya, Ini Tipsnya

Atasi Virus Ransomware Petya, Ini Tipsnya


Kamis, 29 Juni 2017 | 19:11:38
int
Virus Ransomware Petya.
Pekanbaru - Ransomware terbaru yang menyerang beberapa negara, Petya, menginfeksi komputer lalu mengendap selama sekitar satu jam sebelum akhirnya melakukan reboot.

Dilansir dari laman The Guardian, saat mesin komputer reboot, matikan komputer untuk mencegah berkas terenkripsi sekaligus mencoba menyelamatkan berkas dari mesin, seperti yang disarankan akun Twitter @HackerFantastic.

Saat komputer reboot, pengguna akan melihat jendela berisi pemberitahuan bahwa salah satu disk perlu diperbaiki, tanda proses enkripsi.

Akun tersebut menyarankan untuk segera mematikan perangkat komputer.

Jika reboot disertai surat tebusan, ransom note, dengan alasan email layanan pelanggan sudah dimatikan sehingga tidak ada cara lain untuk men-dekripsi berkas Anda, jangan membayar.

Segera putuskan koneksi internet, format ulang hard drive dan pasang ulang berkas dari backup. Laman tersebut menyarankan untuk mem-backup data secara berkala dan pastikan anti-virus yang terpasang merupakan versi terkini.***


BERITA TERKAIT:
Juni 2017, Utang RI Naik Rp34,19 T, Ini Jawaban Sri Mulyani
Sabtu, Bupati Amril Mukminin Lepas JCH Bengkalis Asal Mandau
APBD Riau Dinilai Boros, Fitra Layangkan Gugatan ke MA
Pemilihan Ketua DPC PPP Pekanbaru Dinilai Ada Intervensi
Maling Santroni Klinik Darel Medika, Kerugian Capai Rp20 Juta
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.