find us on : 
bank riau
  • Home
  • Iptek
  • Black Hole Sukses Bikin Penasaran NASA

Black Hole Sukses Bikin Penasaran NASA


Jumat, 6 Januari 2017 | 16:33:06
nasa
Ilustrasi, Black Hole
Washington - Black hole atau lubang hitam menjadi salah satu objek luar angkasa yang dikenal luas oleh masyarakat, namun masih minim informasi ilmiah tentangnya. NASA akhirnya akan menjalankan misi baru untuk meneliti lubang hitam.

Badan antariksa Amerika Serikat itu baru saja mengumumkan misi penelitian terhadap lubang hitam yang akan direalisasikan dalam waktu dekat, yakni 2020.

Adalah Imaging X-ray Polarimetry Explorer (IXPE) sebagai misi lubang hitam yang digarap NASA. IXPE menggunakan tiga teleskop antariksa lengkap dengan kamera yang mampu mengukur polarisasi dari radiasi sinar X berenergi tinggi yang terpancar dari gas panas di sekitar lubang hitam.

"Kami tidak bisa menggambarkan secara langsung apa yang terjadi di dekat objek seperti lubang hitam dan bintang neutron. Namun, mempelajari polarisasi sinar X yang dipancar dari lingkungan sekitarnya bisa mengungkap informasi ilmiah baru," ujar astrofisikawan Paul Hertz dari Science Mission Directorate NASA di Washington, AS.

Mengutip situs International Business Times, IXPE ini disebut-sebut akan merogoh kocek sebesar US$188 juta atau setara Rp2,5 triliun.

Angka tersebut sudah termasuk biaya peluncuran wahana antariksa dan operasi setelah ia mengangkasa serta analisis data.

IXPE diperkirakan akan berlangsung selama dua sampai tiga tahun lamanya.

"IXPE akan membuka jendela baru alam semesta untuk para astronom. Saat ini kami hanya bisa menebak kira-kira apa yang akan ditemukan," lanjut Hertz.

Selain IXPE, NASA juga telah berkolaborasi dengan sembilan teleskop radio di berbagai negara untuk memperluas pemahaman mengenai lubang hitam.

Proyek yang diberi nama Event Horizon Telescope itu bertujuan mengambil gambar lubang hitam supermasif Sagittarius A yang terletak di pusat Bimasakti. Rencananya, Event Horizon Telescope akan berjalan di akhir tahun 2017 ini.***/cnn


BERITA TERKAIT:
Sukses Ungkap Kasus Narkoba, Kapolda Riau Berikan Reward 14 Personilnya
Rampok Bersenpi Gasak Rp220 Juta Nasabah Bank Riau Kepri
12-14 Masa Tenang Pilkada, Paslon dilarang Galang Massa
Menilik kesuksesan Bisnis Lele Jumbo di Rokan Hulu
Timses Paslon Sasa Lakukan Konsolidasi Internal
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.