find us on : 
bank riau
Minta Madrid-Barcelona Dialog

Uni Eropa `Cuekin` Referendum Catalunya


Selasa, 3 Oktober 2017 | 20:17:28
(reuters)
Catalunya sudah menyatakan ingin merdeka.
Oketimes.com - Uni Eropa tidak mengakui hasil referendum Catalunya. Semua pihak di Spanyol di imbau untuk secepatnya melangkah dari konfrontasi ke meja dialog.

"Berdasarkan Konstitusi Spanyol, pemungutan suara referendum kemarin di Catalunya tidak sah," demikian Komisi Eropa melalui siaran persnya Senin petang atau Selasa (3/10/2017).

Pada ininnya Komisi Eropa, sebagaimana ditegaskan berulang kali oleh Presiden Jean-Claude Juncker, ini adalah masalah internal Spanyol yang harus ditangani sesuai dengan tatanan konstitusional negara itu.

Di luar aspek murni legal dari masalah ini, Komisi Eropa meyakini bahwa kini saatnya untuk persatuan dan stabilitas, bukan untuk perpecahan dan fragmentasi.

Lebih lanjut Komisi Eropa menyatakan bahwa kekerasan tidak akan pernah bisa menjadi instrumen politik. Kepemimpinan Perdana Menteri Mariano Rajoy dipercaya bisa mengendalikan proses yang sulit ini dengan menjunjung tinggi Konstitusi Spanyol dan hak-hak fundamental warga yang tercantum di dalamnya.

"Kami mengimbau semua pihak terkait agar bergerak secepatnya sekarang dari konfrontasi menuju dialog," demikian Komisi Eropa.

Sebelumnya, otoritas lokal Catalunya mengklaim kemenangan dalam referendum kemerdekaan dari Spanyol. Mereka menyatakan sebanyak 90 persen dari 2,2 juta pemilih memilih setuju untuk berpisah. "90 persen memilih merdeka," sebut Turull seperti dikutip dari AFP.

Namun, sukacita kemenangan kaum pro-kemerdekaan mendapat gangguan besar. Ternyata, ada sebanyak 42 persen dari 5,3 juta warga Catalunya yang memiliki hak memilih tidak memberikan suaranya.

Juru Bicara Otoritas Catalunya Jordi Turull menyebut, banyaknya pemilih yang tak bisa memberikan suaranya dikarenakan aparat Spanyol melakukan aksi penghalangan secara represif.***


BERITA TERKAIT:
Syamsuar Jadi Narsum di Forum Komunikasi Mahasiswa
Gandeng Komunitas Bikers, Satlantas Polres Siak Berikan Sembako ke Warga Kampung Baru
Komunitas Sepeda se-Provinsi Riau Bakal Jelajahi Pulau Bengkalis
Prajurit Nobar Film Pengkhianatan G30S/PKI di Markas Indobatt XXIII-K/UNIFIL
Proyek Ipal Rp2,4 Miliar Tanpa Plang, Warga Bambu Kuning Kesal
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.