find us on : 
bank riau

Hadiri ARF HDUCIM, Unhan Menuju World Class Defense University


Kamis, 21 September 2017 | 21:01:51
(Dok Unhan)
Pertemuan ASEAN Regional Forum Head of Defense University, Colleges and Institution Meeting di Manila, Filipina.
Oketimes.com - Manila : Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI I Wayan Midhio menghadiri ASEAN Regional Forum Head of Defense University, Colleges and Institution Meeting (ARF HDUCIM) di Manila, Filipina selama tiga hari berturut-turut sejak Senin hingga Rabu 18 - 20 Sepetember 2017.

Forum tahunan ini merupakan pertemuan para pimpinan perguruan tinggi pertahanan negara-negara ARF, yaitu 10 negara ASEAN ditambah beberapa negara kawasan dan organisasi internasional, seperti Amerika Serikat, Rusia, Cina, Australia, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, Bangladesh, India, Pakistan, Srilanka, Mongolia, Kanada, Selandia Baru, Papua New Guinea, Timor Leste, Uni Eropa, dan Sekretariat Asean.

Forum tersebut mulai diselenggarakan sejak tahun 1997. Tahun ini adalah forum yang ke-21 bertema "Defense Diplomacy through Education and Research: Building Confidence, Enhancing engagement".

Serangkaian diskusi dilaksanakan dengan tiga topik, yaitu Evolving Regional Security Landscape of the ASPAC, kemudian, Education and Research as Components of Defense Diplomacy, dan To Exchange Views on the Evenues of Cooperation among Defense Universities, Colleges and Institution.

Pada forum tersebut Rektor Unhan yang didampingi Wakil Rektor I Unhan Dadang Gunawan menyampaikan beberapa gagasan baru untuk kemajuan bersama dalam diskusi topik kedua.

Rektor Unhan dalam pemarannya menyampaikan bagaimana peran Indonesia yang dapat dikembangkan. "Seperti mempromosikan keamanan regional untuk pendidikan dan penelitian bidang pertahanan sekaligus mempromosikan Unhan kepada negara-negara sahabat," kata I Wayan.

Paparan tersebut, mendapat apresiasi peserta forum dengan banyaknya tawaran kerjasama dari berbagai universitas pertahanan negara lain untuk menyelenggarakan kerjasama yang lebih konkret.

"Kerjasama ke depan juga dimaksudkan sebagai bentuk akreditasi internasional yang harus dicapai Unhan menuju World Class Defense University pada tahun 2024," katanya.***

BERITA TERKAIT:
Bakamla Hadiri Pertemuan Bilateral Antar Menhan Bersama Vietnam
Panglima TNI Hadiri Launching TAP Indomalphi di Malaysia
Wakil Bupati Siak Hadiri HUT Karang Taruna Ke-57
Wakili Bupati, Plt Sekda Hadiri Upacara HUT TNI Ke-72 di Bengkalis
Kapolda Riau Hadiri Upacara HUT TNI Ke-72
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.