find us on : 
bank riau

ASEAN Prihatin Atas Situasi Semenanjung Korea


Jumat, 28 April 2017 | 22:11:33
(aseansec.org)
Ilustrasi, Bendera negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).
Manila - Para menteri luar negeri anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada Jumat di Manila, menyatakan keprihatinan mendalam atas eskalasi ketegangan yang terjadi di Semenanjung Korea, akibat sejumlah uji coba senjata nuklir dan rudal baru-baru ini oleh Korea Utara.

"ASEAN mendesak dengan keras agar Korea Utara mematuhi sepenuhnya semua kewajiban dari resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB maupun hukum internasional demi menjaga perdamaian dan keamanan," kata para menteri tersebut setelah bertemu di Manila.

ASEAN juga mendesak agar Korea Utara serta semua pihak yang terlibat untuk menahan diri dari tindakan yang memperparah situasi demi menurunkan ketegangan yang ada di kawasan

"ASEAN mendukung denuklirisasi Semenanjung Korea dan dalam hal ini, mendesak digelarnya kembali perundingan untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi perdamaian dan stabilitas," tulis para menteri tersebut.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, menjelaskan bahwa para menteri sudah sepakat untuk mengeluarkan pernyataan sendiri karena situasi yang sudah mengkhawatirkan, dan karena secara geografis letak Semenanjung Korea tidak terlalu jauh sehingga dampaknya juga akan terasa di Asia Tenggara.

Uji coba persenjataan dari Korea Utara, yang melanggar parangan dari Dewan Keamanan PBB, memang membuat situasi kawasan memanas.

Baru-baru ini, China, yang selama ini menjadi sekutu utara Pyongyang, menghentikan semua perdagangan baru bara dari Korea Utara, yang merupakan komoditas ekspor dan sumber pemasukan utama.

Secara terpisah pada Kamis lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, kepada Reuters, mengatakan bahwa "konflik besar" dengan Korea Utara sangat mungkin terjadi, meski mengaku lebih memilih menyelesaikan persoalannya dengan jalur diplomasi. (ant)

BERITA TERKAIT:
ASEAN Apresiasi Inisiasi dan Kepemimpinan Indonesia
Lima Film Korea Sukses di Remake Hollywood
Panglima TNI Ajak Negara Asean Saling Melindungi dari Ancaman Keamanan
Kapolda Riau: Situasi Kondisi Kamtibmas dan Arus Mudik Aman dan Lancar
Panglima TNI Sebut Situasi Poso Semakin Aman
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.