find us on : 
bank riau

11 Tewas, Bom Guncang Afghanistan


Sabtu, 15 April 2017 | 23:52:50
(AFP PHOTO / SAFIN HAMED)
Ranjau darat yang meledak di jalanan Afghanistan menewaskan 11 orang warga sipil, Sabtu (15/4/2017).
Helmnad - Setidaknya 11 orang tewas ketika bom pinggir jalan meledak di Provinsi Helmand, Afghanistan Selatan, Sabtu (15/4/2017). Ledakan bom itu, menghancurkan sebuah kendaraan dan seluruh penumpang di dalamnya tewas.

Dikutip dari AFP, juru bicara pemerintah Afghanistan Omar Zhwak mengatakan bahwa kendaraan tersebut tengah melintas dari wilayah terpencil di Nawa menuju Kota Lashkar Gah.

"Ledakan itu cukup kuat dan menewaskan seluruh penumpang," kata Zhwak, sembari menambahkan otoritas tengah menyelidiki apakah ada wanita dan anak-anak yang ikut tewas dalam insiden tersebut.

Kepala Polisi Helmand Agha Noor Kentoz, menuding Taliban sebagai pelaku peledakan tersebut. Dia mengatakan jalanan tersebut ditanam ranjau darat yang ditargetkan pada pasukan keamanan Afghanistan yang kerap melintasi jalur tersebut.

Hingga kini, Taliban masih bungkam atas insiden tersebut. Namun, bom pinggir jalan memang kerap menjadi senjata pada militan dalam pertempuran mereka melawan pasukan keamanan.

Tidak hanya polisi dan tentara, bom yang ditanam Taliban juga kerap melukai dan menewaskan warga sipil.

Helmand, di sisi lain, diprediksi jatuh dalam cengkeraman Taliban. Terlebih, ibu kota provinsi tersebut, Lashkar Gah, yang merupakan titik pertahanan pemerintah, kerap diserang pasukan militan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut sekitar 11,500 warga sipil, 30 persen diantaranya anak-anak, terbunuh dalam pertempuran tentara Afghanistan melawan Taliban, sepanjang 2016. Jumlah tertinggi yang pernah dicatat oleh PBB.***/AFP.

BERITA TERKAIT:
Kapolri Sebut Ada 16 Sel ISIS di Indonesia
Mei 2017, Korban DBD Pekanbaru Capai 325 Orang
Mirip Orang Ketiduran, Pria Pulau Kijang Ditemukan Tewas
Meski Puasa, Belasan Penenun Rohil Tetap Eksis
Polda Riau Ungkap 32 Kasus Pungli dengan Tersangka 63 Orang
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.