find us on : 
bank riau
  • Home
  • Hukrim
  • Tersandung Kasus Korupsi, Dua Pejabat Inhu Ditahan

Tersandung Kasus Korupsi, Dua Pejabat Inhu Ditahan


Sabtu, 7 Oktober 2017 | 13:27:10
int
Ilustrasi
Oketimes.com Rengat (Inhu) - Heboh, dua pejabat Pemkab Inhu yang baru diketahui sejak Jumat (6/10/2017) ditahan oleh penyidik Kejaksaan Negeri Inhu, Riau, dari hasil penyidikan Polres Inhu tahap dua setelah dinyatakan berkas lengkap (P21) oleh Kejaksaan Negeri Inhu.

Kedua pejabat yang kini ditahan di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru itu adalah, Raja Marwan Indra Saputra, SE Bin (alm) R Mahidin, pekerjaan Kadis Pengelolaan dan Pendapatan Keuangan Daerah (PPKD) Inhu, dan Encik Aprizal Hasmi, S.Sos, MSi Bin (alm) HE Umar Syarif pekerjaan Kasi Verifikasi dan Pembukuan bidang Keuangan (DPPKD) Inhu.
       
Kajati Riau melalui Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Riau, Sugeng Rianto, SH, MH dikonfirmasi Sabtu (7/10/2017) membenarkan bahwa, kedua pejabat Pemkab Inhu itu merupakan pelimpahan tahap 2 perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dari Polres Inhu ke Kejari Inhu.

Sehingga oleh Kejari Inhu dilakukan penahanan rutan di Sialang Bungkuk Pekanbaru, dan kasus ini sudah dilimpahkan  ke Perngadilan Tipikor Pekanbaru pada Jumat (6/10/2017) kemarin.
       
Kedua terdakwa Raja Marwan Indra Saputra dan Encik Aprizal Hasmi pada saat melakukan dugaan Tipikor memang jabatannya selaku Kadis PPKD Inhu dan Kasi Verifikasi Pembukuan Bidang PPKD Inhu, bukan pada jabatan yang saat ini diembannya, papar Aspidsus Sugeng Rianto.
       
Sementara diketahui bahwa, saat ini Raja Marwan Indra Saputra, SE, MSi menjabat sebagai Plt Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Prindag) Pemkab Inhu, dan Encik Aprizal Hasmi, S.Sos, Msi kini menjabat sebagai Kabid Pelayanan Komunikasi dan Informasi Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkab Inhu.

Sebelumnya Kasi Intel Kejari Inhu, Wisnu Nugroho,SH dikonfirmasi pada Jumat (6/10/2017) membenarkan bahwa dua pejabat Pemkab Inhu itu kini sudah dinyatakan berkas lengkap (P21) dari hasil penyidikan Polres Inhu pada tahap dua.
       
"Benar bahwa Raja Warwan Indra Saputra dan Encik Aprizal Hasmi sudah dilakukan penahanan di Rutan Pekanbaru, dalam keterlibatannya terkait kasus korupsi," kata Wisnu Nugroho.

Sementara, Kasi Tipikor dan Tipiter Polres Inhu, Agi Pidata Ketaren, S.Sos dikonfirmasi Jumat (6/10/2017) mengatakan, proses penyidikan terhadap dua tersangka Tipikor yaitu, Raja Marwan Indra Saputra dan Encik Aprizal Hasmi sudah dinyatakan lengkap berkasnya (P21).

Sedangkan masalah ditahan atau tidak merupakan kewenangan pihak Kejari Rengat, yang jelas penyidikannya dalam kasus korupsi, ujarnya.
       
Bupati Inhu, Yopi Arianto melalui Sekdakab Inhu, Hendrizal dikonfirmasi Wartawan mengakui bahwa dua pejabat Inhu itu sedang ditahan di Rutan Pekanbaru, hal itu bisa dimungkinkan untuk memudahkan proses pengadilan Tipikor hingga pemeriksaannya.
       
Sekdakab Inhu, Hendrizal menambahkan, Senin (9/10) akan dilakukan penunjukan pelaksana tugas untuk kedua pejabat tersebut, dan sekarang masih sedang proses siapa yang akan melaksanakan jabatan yang sedang kesandung perkara itu. (zul)

BERITA TERKAIT:
Polda Riau Tahan Tiga Tersangka Korupsi Terminal Barang Dumai
Panglima Sebut Tutup Celah Korupsi di Lingkungan TNI
Warga Batang Cenaku Inhu Geger Temukan Jasad Pasutri Tewas Mengenaskan
Diduga Korsleting, Dua Petak Rumah Kost Ini Ludes Terbakar
Sejam, Satres Narkoba Bengkalis Tangkap Dua Pemuda Solapan
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.