find us on : 
bank riau
  • Home
  • Hukrim
  • 132 Napi Buron Rutan Sialang Bungkuk Belum Ditemukan
Dua Bulan Berlalu

132 Napi Buron Rutan Sialang Bungkuk Belum Ditemukan


Senin, 17 Juli 2017 | 23:56:07
ist
Ilustrasi
Pekanbaru, Oketimes.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau hingga kini masih terus membantu (Back Up) Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM untuk mencari napi yang kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, pada Jumat (05/05/17) lalu.

Berbagai upaya yang telah dilakukan Polda Riau dan seluruh jajarannya mencari sisa tahanan kabur tersebut. Mulai dari menyebar informasi kepada warga hingga mengunjungi rumah-rumah para tahanan.

"Kita sudah berupaya melakukan pencarian napi yang kini menjadi buron, sisa napi yang buron ada 132 orang dari jumlah awal 448 orang yang kabur dari Rutan," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo pada awakm media, Senin (17/07/17).

Ia menjelaskan dari sebanyak tahanan yang kabur sudah ada yang tertangkap yakni Gery (26) yang diamankan di Mandau, Kabupaten Bengkalis, Selasa (11/07/17) lalu. Ditambahkan Guntur ia ditangkap saat pesta narkoba di rumah rekannya.

"Penangkapan pelaku dalam kasus narkoba ini berdasarkan dari informasi warga setempat yang melihat dan mengenal dengan baik pelaku yang berhasil kabur dari Rutan," sebut Guntur.

Sementara kendala yang dihadapi pihak kepolisian selama ini, Guntur mengatakan faktor persembunyian mereka. Belum diketahui tempat persembunyian para tahanan yang buron itu. Terlebih lagi napi yang kebanyakan perantauan.

"Mereka (Tahanan Buron) tidak pulang ke rumahnya. Kita sudah melakukan kunjungan kerumah-rumah napi yang kabur, tapi belum ditemukan. Sementara napi yang beralamat di luar daerah (Perantauan) susah mengindentifikasi kembali tempat persembunyiannya," terang Guntur.

Selain itu, napi yang masih berstatus titipan belum ingkrah hasil hukumannya di persidangan terus diburu keberadaannya oleh pihak kepolisian. Polisi juga telah melakukan himbauan kepada warga dan keluarga napi.

"Siapa pun warga yang mengetahui keberadaan para napi yang kabur diminta segera laporkan keberadaannya. Tidak sampai disitu juga, pihak keluarga napi pun juga diberitahukan agar menyerahkan anggota keluarganya. Pemberi informasi akan dirahasiakan identitasnya," pungkas Guntur. (ars)



BERITA TERKAIT:
Disnaker Akui Banyak Perusahaan Belum Laporkan Penerimaan Loker
Kejati Riau Gelandang Zulfikli Harun ke Rutan Sialang Bungkuk
Dinilai Belum Tepat, Dewan Dukung Penghapusan Full Day School
SDN 001 Panipahan Belum Tersentuh Disdik Rokan Hilir
Syahnaz Dilamar Jeje Govinda, Raffi Ahmad Belum Tahu
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.