find us on : 
bank riau
  • Home
  • Hukrim
  • Pungli Sopir Truk, Polisi Tangkap Dua Anggota SPSI

Pungli Sopir Truk, Polisi Tangkap Dua Anggota SPSI

Laporan : Daud Botak

Rabu, 15 Maret 2017 | 03:45:03
ist
Kedua tersangka pungli sopir truk saat diamankan di Polsek Tenayan Raya, Pekanbaru, (13/3/2017).
Pekanbaru, oketimes.com - Piket Reskrim dan Tim Opsnal Polsek Tenayan Raya meringkus dua pria karena melakukan pungutan liar (Pungli) kepada seorang sopir, Senin (13/3/2017) malam, sekitar pukul 20.30 wib.

Kedua pelaku yakni, Agustoni alias Toni (34) warga Jalan Duyung, Gang Gembolo, Kecamatan Marpoyan Damai dan Ade Ronal Harson alias Ade (41) warga Kalau Sari Gang Pinang Perum Kapau Sari Permai, Kecamatan Tenayan Raya.

Penangkapan terhadap kedua tersangka berawal dari laporan korban, Supriyanto (36) warga Jalan Taman Karya, Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, seorang sopir mobil pick up bermuatan bibit tanamam yang melintas di Jalan Hangtuah, Minggu (12/3/2017) malam, sekitar pukul 19.00 wib.

Saat itu korban, diberhentikan oleh pelaku yang mengaku dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Keduanya lantas mengancam korban dengan kekerasan harus membayar uang bongkar muat jika mau aman dan jika tidak mau membayar tidak akan selamat selama melintas di Kota Pekanbaru.

Melihat korban ketakutan, pelaku lalu meminta korban untuk membayar Rp400 ribu dan memaksa korban menandatangi kwitansi bertuliskan Rp400 ribu. Namun, karena uang yang ada di dompet korban hanya Rp80 ribu, ia pun membayarnya dan berjanji akan melunasi sisanya.

Lalu, pada Senin (13/3/2017) pelaku menghubungi korban untuk meminta sisanya, karena takut korban lalu melaporkannya ke Polsek Tenayan Raya.

Piket Reskrim dan tim Osnal Polsek Tenayan Raya yang mendapat laporan lalu bersama korban mendatangi pelaku dengan maksud menyerahkan kekurangan sisa pembayaran yang dijanjikan.

"Saat kedua pelaku bertemu korban dan mengambil sisa pembayaran, Piket Reskrim dan tim Opsnal yang telah mengintai langsung melakukan penangkapan," kata Kapolsek Tenayan Raya Kompol Indra Rusdi SH, Selasa (14/3/2017).

Bersama kedua tesangka polisi juga mengamankan barang bukti, 1 unit sepeda motor merek Honda Scoopy warna coklat Nopol BM 2938 QF, 1 lembar kwitansi, 1 pena dan 2 handphone Nokia.

Kedua pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Tenayan Raya guna proses penyelidikan selanjutnya. "Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," tukas Kapolsek.***

BERITA TERKAIT:
Jelang Musim PSB, Anggota Dewan Singgung Soal Pungli di Sekolah
Puluhan Pelajar Pertanyaan Soal APBD, Infrastruktur dan Kinerja Legislator
SPSI Riau Pertanyakan Permen LHK 2017 untuk Ditinjau Ulang
Usai Potong Penis Guru Agama Cabul, Wanita Ini Telepon Polisi
Coba Lakukan Pencurian, DPO Begal Motor Diamankan Polisi
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.