find us on : 
bank riau
  • Home
  • Hukrim
  • Kapolda Riau: Sikat Habis Perusak Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu

Kapolda Riau: Sikat Habis Perusak Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu

Laporan : Daud Botak

Selasa, 28 Februari 2017 | 01:31:30
ist
Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain didampingi Dirjen Gakkum KLHK Rasio Ridho Sani saat melakukan pemotongan kayu-kayu yang diduga hasil pembalakan liar di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (27/2/2017).
Pekanbaru, oketimes.com - Kepolisian Daerah Riau menangkap seorang pelaku pembalakan liar di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain didampingi Dirjen Gakkum KLHK Rasio Ridho Sani dalam jumpa persnya di Mapolda Riau, Senin (27/2/2017) malam, usai melakukan peninjauan langsung ke lokasi pembalakan liar ke lokasi pembalakan liar Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (CBGSK-BB).

"Tim gabungan Polda Riau dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berhasil menangkap satu pelaku, sementara tiga pelaku lainnya berhasil kabur," kata Zulkarnain.

Dijelaskannya, pelaku saat ini masih menjalani pemeriksaan lanjut untuk dilakukan pengembangan, guna mengejar cukong dibalik pembalakan tersebut. Dilokasi juga ditemukan barang bukti ratusan kubik kayu olahan jenis campuran.

Selain itu, tim juga mencurigai keterlibatan seorang oknum perangkat desa setempat dalam pembalakan liar yang terjadi di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil- Bukiat Batu, Kabupaten Bengkalis tersebut.

"Tim yang masih berada di lokasi CBGSK-BB masih mendalami keterlibatan oknum perangkat desa tersebut," terang Zulkarnain.

Yang jelas, lanjut Kapolda, pihaknya tidak akan menindak tegas kepada pelaku pembalakan liar dan pengerusakan hutan tersebut.

"Saya akan sikat para pelaku pembalakan liar dan pengrusakan hutan di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu. Saya juga berikan waktu dua minggu kepada Polres setempat, untuk mengungkap dan menangkap pelakunya," tegas Kapolda.

Lebih jauh dikatakan Kapolda, di lokasi pembalakan liar, tim melakukan pemusnahan kayu-kayu hasil pembalakan liar dengan menggunakan mesin pemotong kayu, membakar dan menghancurkan pondok serta menutup kanal-kanal yang terkait pembalakan liar.

Untuk selanjutnya, Kepolisian Daerah Riau bersama Instansi terkait dan KLHK akan bekerja sama untuk melakukan tindakan tegas terhadap para pembalakan liar di Cagar Biosfer itu.

"Yang jelas saya akan sikat habis para pembalak dan perusak hutan di Cagar Biosfer ini. Dan saya ingatkan, saya tidak akan bermain-main dalam memberantas pelaku-pelaku ini," tegas Kapolda.***


BERITA TERKAIT:
Bupati Pimpin Persiapan Cabor Siak di Porprov Riau 2017 Kampar
Kukuhkan DPD IWO Siak, Ketua IWO Pusat Puji Negeri Istana
Bupati Siak Minta OPD Berinovasi Bekerja dan Tidak Boros Anggaran
2018, Kabupaten Siak Tuan Rumah Jambore Generasi Hijau Nasional
Ini Perkembangan Taman Teknologi Siak
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.