find us on : 
bank riau

Ini Situs-situs Paling Sakral bagi Umat Kristiani di Yerusalem (1)


Jumat, 25 Maret 2016 | 21:08:06
Sumber Marie Armelle Beaulieu CTS
Teatrikal prosesi penyalipan Yesus Kristus sebelum disalibkan di Bukit Golgata Yerusalem.
MENJELANG hari raya Paskah, yang merupakan akhir perjalanan tokoh paling berpengaruh bagi umat Kristiani, Yesus Kristus di dunia. Alangkah tepatnya bagi kita menengok kembali jejak-jejak sang juru selamat, selama menjalani misi surgawinya menebus dosa manusia.

Yesus disebutkan dalam Alkitab ialah putra tunggal Allah Bapa di Surga yang mengambil rupa sebagai manusia demi mengarahkan kembali hati manusia kepada penciptanya.

Untuk itu, ia dilahirkan ke dunia melalui rahim perawan Maria. Didampingi Yusuf si Tukang Kayu sebagai ayah duniawinya, ia mengemban tugas mulia itu selama 33 tahun. Sebelum berakhir martir di kayu salib, momen bersejarah yang menjadi simbol terpenting bagi para pengikutnya.

Sepanjang tiga dekade menapakkan eksistensinya di dunia, perjalanan Sang Mesias berpusat di Yerusalem. Kota suci yang melahirkan tiga agama sekaligus, Kristiani, Yahudi dan Islam.

Berangkat dari hal tersebut, berikut Okezone mengulas situs-situs paling sakral bagi umat Kristiani di Yerusalem yang terkait erat dengan rekam jejak Yesus Kristus di Bumi.

1. Bukit Zaitun

Bukit Zaitun mungkin menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh Yesus. Di bukit inilah untuk pertama kalinya ia mendeklarasikan diri sebagai Anak Allah yang dinubuatkan. Sebagaimana tertulis pada Injil Matius 21, Yesus meminta para murid meminjam keledai untuk ditumpangi. Supaya tergenapkan janji Allah, bahwa Raja Surga akan datang mengendarai seekor keledai.

Hal itu dikatakannya saat tiba di Kota Betfage, yang terletak dekat dengan Bukit Zaitun, sebelum memasuki gerbang Yerusalem. Banyak orang kemudian menyambut kedatangan-Nya dengan keledai betina saat ia melangkah ke Yerusalem menuju Bukit Zaitun.

Di puncak bukit sakral inilah, Yesus dari Nazaret membawakan khotbah akhir zaman. Mengenai bait Allah yang akan diruntuhkan, penderitaan umat manusia, nabi-nabi palsu hingga nubuat kedatangan Anak Manusia.

Mendekati penghujung hayat-Nya di Bumi, di Bukit Zaitun juga ia menghabiskan masa-masa terakhir bersama murid-murid-Nya.

Dilansir dari Waynes Tiles, Jumat (25/3/2016), Yesus berdoa di Taman Getsemani, sementara tiga murid-Nya tertidur saat diminta berjaga. Taman Getsemani yang terkenal itu faktanya berada di Bukit Zaitun. Arti kata Getsemani sendiri adalah alat pemerah minyak (oil press).

Di tempat yang sama, Yudas Iskariot mengkhianati Yesus dengan sebuah kecupan di pipi. Kemudian mengadakan mukjizat dengan menempelkan kembali telinga kanan hamba Imam Besar yang putus oleh sayatan pedang seorang murid-Nya.

Terakhir, sebelum terangkat ke Surga. Bukit Zaitun juga dipilih menjadi saksi bisu yang menyaksikan momen terakhir Yesus bersama ke-12 rasul di dunia. Diyakini, di bukit ini jua lah Yesus akan datang lagi ke dunia untuk kedua kalinya.

Simak: Situs-Situs Paling Sakral Bagi Umat Kristiani di Yerusalem (2)

Sumber: okezone

BERITA TERKAIT:
Bupati Amril : UMKM Bagian Pengembangan Ekonomi Kerakyatan
Kodim 0303 Bengkalis Ajak Masyarakat Nobar G30/SPKI
Miliki Satu Paket Kecil Sabu, Pemuda Pengangguran Mandau Ditangkap
Sebelum Diblokir, 2700 Klien Terdaftar di Nikahsirri.com
Ekspedisi NKRI Wujudkan Toleransi Antar Umat Beragama dan Keaneka Ragaman Budaya
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.