find us on : 
bank riau

Waspada Buka Kiriman Link, Pengguna Aplikasi Medsos BBM di Pelalawan disalahgunakan


Jumat, 20 Januari 2017 | 20:24:26
zoel
Fan Page Medsos warga yang disalagunakan modus penipuan di Pelalawan Riau.
Pelalawan, oketimes.com - Kepada para pengguna aplikasi Media Sosial (Medsos) ‎yakni BlackBerry Messenger (BBM) agar lebih berhati-hati. Pasalnya sejumlah aplikasi BBM warga di Pelalawan dihacker hingga tidak bisa dikendalikan lagi namun telah berganti kendalinya kepada pihak lain.

Salah satu korban yang aplikasi BBMnya dikendalikan oleh pihak lain Zulkarnaidi yang akrab dipanggil Zola, salah seorang warga Sorek Pangkalan Kuras ‎menyebutkan bahwa awalnya teman bbmnya Nas yang sudah awalnya dihacker mengirimkan link seperti berikut:

Mohon buka link berikut ini, ada sesuatu yang menarik, ada video porno pejabat tinggi, ada pengisian kuota internet secara gratis dengan kuota mencapai 20 GB. Caranya mudah, cukup klik link kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Lalu dari petunjuk membuka link tersebut, ada permintaan untuk memasukkan ID BlackBerry ‎Messenger beserta sandi atau password. "Setelah saya masukkan ID dan sandinya lalu membuka link sekejap kemudian BBM tidak bisa aktif dan sudah dikendalikan oleh pihak lain," papar Zola kepada awak media ini, Jumat (20/1/2017).

Dikatakan Zola, setelah aplikasi BBMnya tidak bisa diaktifkan ‎dan dikendalikan ternyata siperetas atau sipengendali BBMnya mengirim pesan kepada sejumlah teman BBM untuk meminjamkan uang kepadanya dengan jumlah bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah dengan janji dikembalikan esok hari dan mengirimkan nomor rekeningnya.

"Sejumlah kawan di aplikasi BBM ada yang nelpon langsung kesaya dan mempertanyakan isi pesan BBM yang langsung tidak saya benarkan dan BBM Saya sudah dihacker. Saya sudah beritau sejumlah teman di aplikasi BBM melalui WA ataupun telpon langsung bahwa BBM saya dibajak pihak tak bertanggungjawab dan menyalahgunakannya dengan meminjam uang modus penipuan. saya berharap tidak ada korban yang mentransfer uangnya," papar Zola.

Dikatakan Zola, jadi sistemnya mengirim link untuk mengendalikan BBM orang berantai. Saya rasa sudah banyak aplikasi BBM terutama yang membuka link kiriman seperti yang Saya maksud dihacker pihak tidak bertanggung jawab.

"Ya bingung juga bagaimana caranya agar aplikasi BBM bisa kembali saya kendalikan. Ada teman yang beri masukan untuk konsultasi ke gerai atau konsultasi sama orang IT atau Programer.Semoga ada solusinya," harap Zola. (zoel)


BERITA TERKAIT:
Kegigihan Iptu Junaidi Tak Pupus Pertemukan Keluarga Deni Lewat Aplikasi `Polisiku`
Sempena Hari Jadi Kabupaten Ke-18, Bupati Harris Buka Pelalawan Expo 2017
Mewakili Bupati, Plt Sekda Buka Pelatihan SPM
Sekda Buka Rakor Penangganan Konflik Sosial
Buka Muscab Apdesi 2017, Syamsuar Inginkan Kades Saling Bersinergi
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.